Breaking

Saturday, August 18, 2018

ORACLE dan INTEL BERUSAHA UNTUK MEMBANGUN JAVA API UNTUK DUKUNGAN SIMD

(Foto : Slideshare)

Java Vector API bertujuan untuk menyediakan mekanisme untuk menulis algoritma vektor yang kompleks di Java.

Oracle dan Intel sedang mengembangkan Java API untuk menambahkan vektor kelas pertama, atau SIMD (instruksi tunggal, banyak data), dukungan ke platform, yang dapat menghasilkan keuntungan performa yang besar.

Bagian dari Project Panama, yang berfokus pada interkoneksi JVM dan kode asli, API bertujuan untuk menyediakan iterasi awal dari modul inkubator, jdk.incubator.vector, untuk mengekspresikan perhitungan vektor yang dikompilasi saat runtime ke instruksi perangkat keras yang optimal pada arsitektur CPU yang didukung. Rencana panggilan untuk mendukung kompiler Graal. Tujuan proyek meliputi:

  • Menyediakan API yang jelas dan ringkas, yang mampu mengekspresikan berbagai perhitungan vektor.
  • Kompilasi runtime yang dapat diandalkan dan kinerja pada arsitektur x64.
  • Arsitektur agnostisisme.
  • Degradasi yang penuh anggun, di mana jika komputasi vektor tidak dapat sepenuhnya diekspresikan pada saat runtime sebagai urutan, baik karena arsitektur x64 tidak mendukung beberapa instruksi atau arsitektur CPU lain tidak didukung, maka implementasi API Vector akan menurun dengan anggun tetapi masih berfungsi . Pengembang dapat menerima peringatan tentang ini.

Jika Oracle dan Intel memenuhi janjinya, Java Vector API akan menyediakan mekanisme untuk menulis algoritma vektor kompleks di Java, menggunakan dukungan yang ada di mesin virtual HotSpot untuk vektorisasi. Dengan operasi vektor, derajat paralelisme memungkinkan lebih banyak pekerjaan dilakukan dalam satu siklus CPU. Jadi, perolehan kinerja yang signifikan dimungkinkan. Dan model pengguna di API akan membuat vektorisasi lebih dapat diprediksi, menggunakan perangkat keras vektor yang mendasari.

Pada titik ini, proposal tidak menyebutkan rilis khusus Java yang akan menjadi rumah bagi API, meskipun ruang lingkup proyek dimaksudkan untuk edisi standar Java. Proyek ini membawa risiko bahwa API mungkin bias SIMD pada arsitektur x64. Tetapi arsitektur lain akan diperhitungkan, khususnya arsitektur ARM Scalar Vector Extension, Oracle dan Intel katakan.


Via : itworld

No comments:

Post a Comment