Breaking

Wednesday, August 15, 2018

CARA CEPAT MEMPERBAIKI HP MATI TOTAL YANG TERKENA AIR



Masalah hp mati total terkadang menjadi masalah besar buat kita, terlebih lagi ketika itu penyebabnya jika hp telah terkena air. Kita terkadang kalang kabut dan kebingungan untuk memperbaiki ketika  hp telah terandam air.

Berbagai cara biasanya kita lakukan mulai dari membongkar lalu menjemur pada trik matahari agar komponen yang terkena air dapat segera kering dengan harapan hp dapat menyala kembali.

Ketika terkena air, tentunya beberapa komponen pada hp akan mengalami konslet. Terkecuali pada hp yang anti air tentunya kita bisa tenang  - tenang saja apabila terkena bahkan terendam air.

Kemungkinan yang terjadi apabila hp terendam air dalam waktu yang lama mungkin bisa mengalami hal berikut ini :

1. Hp mati total
2. Beberapa komponen tidak berfungsi walaupun hp menyala
3. Terjadi blank pada layar saat dinyalakan

Untuk memperbaiki hp yang mati total tentunya akan menghabiskan banyak biaya, yah mending beli yang baru mungkin yah hehehee.

Jika mengalami kejadian seperti ini, baiknya kita sigap melakukan pertolongan jangan membiarkan terlalu lama dalam kondisi basah setelah terkena atau terendam air.

Baiklah mari kita simak beberapa cara mengatasi hp yang mati total karena terendam air :

Langkah Pertama, lepaskan baterai, kartu memory serta sim card. 

Hal ini merupakan langkah awal agar tidak terjadi konslet setelah terkena air. Jangan sampai langsung menyalakan hp yang dalam keadaan masih basah.

Kenapa kita mesti melepas baterai ?, agar tidak terjadi konslet yang akan mengakibatkan kerusakan yang bertambah pada komponen lain akibat adanya konsleting. Jika hp sudah benar - benar kering, silahkan nyalakan kembali.

Langkah Kedua, bongkar bagian dalam pada HP. 

Langkah ini merupakan salah satu cara yang cukup rumit, karena kita diminta untuk membongkar bagian dalam Hp apalagi kita yang tidak pernah sama sekali melakukan pembongkaran khususnya pada Hp.

Untuk melakukan pembongkaran itu sendiri, gunakan obeng kecil yang sesuai pada baut Hp, lakukan secara hati - hati agar tidak merusak bagian penting saat melakukan pembongkaran.

Bongkar semua bagian agar, komponen Hp yang terkena air dapat kering dengan cepat.

Ingat !!! dalam melakukan pembongkaran seperti ini baiknya kita foto atau merekam prosesnya agar pada saat pemasangan kembali tidak terjadi kesalahan baik dari segi komponen atau pemasangan kembali baut.

Langkah Ketiga, bersihkan layar LCD terlebih dahulu hingga kering.

Kenapa LCD ?, LCD merupakan komponen yang sangat mudah rusak ketika Hp telah terkena atau terendam air.

Bahan dari LCD itu sendiri tidak memiliki ketahanan pada kelembaban air. Jika hal ini kita biarkan biasanya akan timbul bulatan - bulatan hitam pada layar LCD.

Langkah Keempat, keringkan semua komponen Hp.

Setelah melakukan pengeringan terhadap LCD, selanjutnya keringkan komponen - komponen yang lainnya . Untuk mempermudah proses ini, baiknya kita menggunakan kipas atau hair dryer agar lebih cepat kering.

Pada proses ini disarankan agar tidak terlalu dekat pada PCB ketika menggukana hair dryer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada PCBnya.

Untuk baterai sendiri , baiknya dijemur di bawah terik matahari hingga benar - benar kering. Setelah benar - benar kering, silahkan charge baterai dengan charge jepit atau portable hingga dayanya terisi penuh.

Langkah Kelima, masukkan semua komponen Hp yang telah kita bongkar ke dalam beras.

Kenapa beras ?, beras memiliki kandungan elektrostatis yang berguna untuk menyerap kadar air serta mampu mengurangi tingkat kelembaban suhu.

Biarkanlah komponen tersebut berada dalam beras selama 1 sampai 2 hari.

Langkah Keenam, pasang kembali komponen HP.

Setelah semua komponen yang kita bongkar sudah benar - benar kering, saatnya kita memasang kembali komponenya satu per satu.

Pada proses pemasanga ini, diharapkan berhati - hati agar tidak terjadi kesalahan bahkan kerusakan pada komponen (Itulah gunanya kita foto atau rekam) agar pada saat pemasangan kembali kita tidak kebingungan lagi.

Setelah semuanya terpasang dengan baik dan benar, silahkan nyalakan kembali Hp anda.

Jika setelah kita melakukan tahapan di atas dan Hp tidak kunjung menyala, solusi lainnya silahkan bawa ketukan service untuk melakukan pengecekan dan perbaikan kembali.

Semoga saja Hp dapat menyala kembali setelah melakukan tahapan diatas.

Demikian panduan cara memperbaiki Hp yang terkena atau terendam air. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda.

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment